Sabtu, 28 Februari 2015

HARGA BATU AKIK

 harga batu akik

HARGA BATU AKIK

Perubahan harga pada batu akik,batu kapan saja bisa terjadi tergantung kondisi, sikon di suatu daerah, oleh sebab itu kita perlu berhati-hati dalam membeli batu akik tidak ada yang menjadi jika pasaran batu akik stabil sampai beberapa tahun ke depan, bagi kita yang hanya sekedar memakai mungkin tidak menjadi masalah perkembangan harga batu akik ke depan tetapi bagi para pedagang batu maka harus lebih hati-hati dan selektif dalam membeli batu akik tersebut.
Booming batu akik terjadi hanya pada tahun ini sehingga di mana-mana orang demam batu akik dari anak Sekolah Dasar sampai dengan golongan tua, dari yang jenis harga standar sampai yang berharga miliaran, padahal cuma batu loh hehehe.

Tren menggunakan batu akik menjadi berkah penghasilan para tukang batu, di Kabupaten Nagan Raya sendiri hampir seluruh penduduknya menjadi pencari batu mulia, di samping harga yang menjanjikan , pekerjaannya lebih relatif mudah dan banyak pesanan dari luar kota, tetapi harus ingat pengambilan batu yang berlebihan bisa menyebabkan kelestarian batu menjadi berkurang dan punah.
Bagi Masyarakay awam masih banyak yang tidak mengenal bagaimana cara menentukan harga sebuah batu yang ditemukan , jangan sampai sudah berhari-hari di huang mencari batu di beli murah oleh para agen yang hanya ingin mendapatkan untung besar, minimal upah pekerja sesuai dengan resiko yang dihadapi di hutan dalam perjalanan mencari batu mulia.

Bersama ini penulis ingin berbagi informasi bagaimana harga sebuah batu itu di tentukan , antara lain :
1.       Jenis Batu , batu yang bagus mempunyai daya tekanan yang kuat, keras dan tidak mudah pecah bila di pukul dengan batu lain maka batu lain akan pecah, batu tersebut hanya bisa di potong dengan alat pemotong.
2.       Warna Batu, Batu yang bagus mempunyai warna jernih, tidak bergapah (tidak bersi), berkilau, dan jika dilihat terdapat giwang pada batu tersebut.

3.   Motif Batu, Motif batu disebagian kalangan sangat menetukan harga , motif yang menggambarkan suatu lambang biasanya harganya lebih mahal di pasaran, seperti motif Naga, atau Tulisan Allah dalam bahasa arab, gambar keris, gambar seseorang dan lain-lain.

Sebagian pengerajin tradional belum mengerti sekali tentang bagaimana cara mencari motif sebuag batu sehingga momen yang penting di batu tersebut tidak hilang karena kesalahan pemotongan batu yang asal saja, Ada sebuah cerita seseorang datang kepada penulis membawa 2 (dua) potong batu yang sudah di belah menjadi dua, ketika di perlihatkan kepada penulis, penulis menghela nafas panjang , kenapa batu ini anda potong menjadi dua bagian ketika coba di satukan kembali terbentuklah sebuah lingkaran indah tepat di tengah lingkaran batu tersebut di bela menjadi dua, kalau saja batu tersebut tidak di bela menjadi dua bagian penulis perkirakan harganya sekitar lima jutaan, tetapi karena sudah terbelah menjadi dua maka batu tersebut tidak ada artinya lagi, sungguh sayang bukan.

Seorang tukang batu akik,batu yang mengerti harga dia akan lebih menerima batu bongkahan dari pada batu yang sudah di potong-potong sepertinya banyak terdapat di pasar-pasar di indonesia. Walaupun tidak menutup kemungkinan batu yang sudah di potong tetap berkualitas.
Jadi menentukan harga sebuah batu akik tidak terlepas dari 3 macam sebab di atas, jika keras batu bagus, warna juga bagus trus motif juga oke tidak menutup kemungkinan batu tersebut bernilai miliaran rupiah.
By
Jefry Wan



Tidak ada komentar:

Posting Komentar